Berikut ini adalah Buku Siswa Prakarya Kelas 9 Revisi 2018 Kurikulum 2013 dalam Format PDF yang bisa di Download/ Unduh Gratis untuk Pegangan Siswa di Sekolah/ Madrasah.
Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan banyak sekali bidang ilmu pengetahuan untuk menuntaskan duduk kasus simpel yang secara pribadi mensugesti kehidupan kita sehari-hari.
Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk Sekolah Menengah Pertama kelas IX mencakup empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budi Daya, dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu para siswa dibutuhkan bisa untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. Buku Prakarya kelas VII ini merupakan edisi revisi yang disusun dengan mengacu kepada kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik kompetensi inti maupun kompetensi dasar. Untuk membantu siswa memahami materi Prakarya pada setiap pembahasan disertai dengan gambar dan penugasan yang mengajak siswa untuk aktif bereksplorasi dengan lingkungannya maupun media berguru lainnya.
Download File :
Buku Siswa Prakarya Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF
Berikut ini kutipan teks dari Isi Buku Pegangan Siswa Prakarya Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 :Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan banyak sekali bidang ilmu pengetahuan untuk menuntaskan duduk kasus simpel yang secara pribadi mensugesti kehidupan kita sehari-hari.
Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk Sekolah Menengah Pertama kelas IX mencakup empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budi Daya, dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu para siswa dibutuhkan bisa untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. Buku Prakarya kelas VII ini merupakan edisi revisi yang disusun dengan mengacu kepada kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik kompetensi inti maupun kompetensi dasar. Untuk membantu siswa memahami materi Prakarya pada setiap pembahasan disertai dengan gambar dan penugasan yang mengajak siswa untuk aktif bereksplorasi dengan lingkungannya maupun media berguru lainnya.
Adapun Daftar Isi dari Buku Teks Pelajaran Pegangan Siswa Prakarya SMP/ MTs Kelas IX (9) Revisi 2018 Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :
Kerajinan
Kerajinan sanggup dikaitkan dengan kerja tangan yang risikonya merupakan benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan: estetika, ergonomis, dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy), dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada mekanisme pembuatannya. Lingkup ini sanggup menggali dari potensi lokal dan seni terap (applied art), desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).
Rekayasa
Rekayasa terkait dengan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi, dan membuat benda produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan pemecahan masalah. Sebagai contoh: rekayasa penyambungan balok kayu untuk membuat susunan (konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan dengan prinsip ketepatan semoga susunan rumah tidak gampang runtuh. Lingkup ini memerlukan kesatuan pikir dan kecekatan tangan membuat susunan mengarah kepada: berpikir kreatif, praktis, efektif, ketepatan, dan ekonomis serta berpikir prediktif.
Budi Daya
Budi daya berpangkal pada cultivation, yaitu suatu kerja berusaha untuk menambah, menumbuhkan, dan mewujudkan benda atau makhluk hidup semoga lebih besar/tumbuh, dan berkembangbiak, bertambah banyak. Kinerja ini membutuhkan perasaan seolah dirinya pembudi daya. Prinsip pembinaan rasa dalam kinerja kebijaksanaan daya ini akan menunjukkan hidup pada tumbuhan atau hewan, namun dalam bekerja dibutuhkan sistem yang berjalan rutin atau prosedural. Manfaat edukatif teknologi kebijaksanaan daya ini yaitu pembinaan perasaan, pembinaan kemampuan memahami pertumbuhan dan menyatukan dengan alam (ecosystem) menjadi penerima didik yang berpikir sistematis menurut potensi kearifan lokal.
Pengolahan
Pengolahan artinya membuat, membuat materi dasar menjadi benda produk jadi, semoga sanggup dimanfaatkan. Pada prinsipnya kerja pengolahan yaitu mengubah benda mentah menjadi produk jadi pangan yang memiliki nilai tambah melalui teknik pengelolaan seperti: mencampur, mengawetkan, dan memodifi kasi, sehingga menghasilkan produk pengolahan pangan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan bagi pengembangan kepribadian penerima didik yaitu training rasa yang sanggup dikorelasikan dalam kehidupan sehari-hari, sistematis yang dipadukan dengan pikiran serta prakarya.
BAB I Kerajinan Berbasis Media Campuran
A. Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran
B. Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
C. Produk dan Proses Kerajinan Berbasis Media Campuran
BAB II Dasar-Dasar Elektronika
A. Wawasan Elektronika
B. Sistem Pengendali
BAB III Budi Daya Ikan Hias
A. Komoditas Ikan Hias
B. Sarana dan Peralatan Budi Daya (Pembesaran Ikan Hias)
C. Persiapan Wadah Budi Daya Ikan Hias
BAB IV Pengolahan Bahan Pangan Setengah Kaprikornus dan Produk Samping dari Bahan Perikanan dan Peternakan Menjadi Makanan
A. Makanan dari Bahan Pangan Setengah Jadi
B. Makanan dari Bahan Pangan Produk Samping
Kerajinan sanggup dikaitkan dengan kerja tangan yang risikonya merupakan benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan: estetika, ergonomis, dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy), dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada mekanisme pembuatannya. Lingkup ini sanggup menggali dari potensi lokal dan seni terap (applied art), desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).
Rekayasa
Rekayasa terkait dengan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi, dan membuat benda produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan pemecahan masalah. Sebagai contoh: rekayasa penyambungan balok kayu untuk membuat susunan (konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan dengan prinsip ketepatan semoga susunan rumah tidak gampang runtuh. Lingkup ini memerlukan kesatuan pikir dan kecekatan tangan membuat susunan mengarah kepada: berpikir kreatif, praktis, efektif, ketepatan, dan ekonomis serta berpikir prediktif.
Budi Daya
Budi daya berpangkal pada cultivation, yaitu suatu kerja berusaha untuk menambah, menumbuhkan, dan mewujudkan benda atau makhluk hidup semoga lebih besar/tumbuh, dan berkembangbiak, bertambah banyak. Kinerja ini membutuhkan perasaan seolah dirinya pembudi daya. Prinsip pembinaan rasa dalam kinerja kebijaksanaan daya ini akan menunjukkan hidup pada tumbuhan atau hewan, namun dalam bekerja dibutuhkan sistem yang berjalan rutin atau prosedural. Manfaat edukatif teknologi kebijaksanaan daya ini yaitu pembinaan perasaan, pembinaan kemampuan memahami pertumbuhan dan menyatukan dengan alam (ecosystem) menjadi penerima didik yang berpikir sistematis menurut potensi kearifan lokal.
Pengolahan
Pengolahan artinya membuat, membuat materi dasar menjadi benda produk jadi, semoga sanggup dimanfaatkan. Pada prinsipnya kerja pengolahan yaitu mengubah benda mentah menjadi produk jadi pangan yang memiliki nilai tambah melalui teknik pengelolaan seperti: mencampur, mengawetkan, dan memodifi kasi, sehingga menghasilkan produk pengolahan pangan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan bagi pengembangan kepribadian penerima didik yaitu training rasa yang sanggup dikorelasikan dalam kehidupan sehari-hari, sistematis yang dipadukan dengan pikiran serta prakarya.
BAB I Kerajinan Berbasis Media Campuran
A. Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran
B. Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran
C. Produk dan Proses Kerajinan Berbasis Media Campuran
BAB II Dasar-Dasar Elektronika
A. Wawasan Elektronika
B. Sistem Pengendali
BAB III Budi Daya Ikan Hias
A. Komoditas Ikan Hias
B. Sarana dan Peralatan Budi Daya (Pembesaran Ikan Hias)
C. Persiapan Wadah Budi Daya Ikan Hias
BAB IV Pengolahan Bahan Pangan Setengah Kaprikornus dan Produk Samping dari Bahan Perikanan dan Peternakan Menjadi Makanan
A. Makanan dari Bahan Pangan Setengah Jadi
B. Makanan dari Bahan Pangan Produk Samping
Download Buku Siswa Prakarya Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF
Selengkapnya mengenai Isi Materi dan Kelengkapan Buku Siswa Mata Pelajaran Prakarya SMP/ MTs Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2018 bisa dilihat dan Di Download/ Unduh melalui link dibawah ini :Download File :
Buku Siswa Prakarya SMP/ MTs Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDFItulah kiranya menyebarkan dan share file Buku Siswa Prakarya Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 PDF pada kesempatan kali ini, Semoga bermanfaat.
Advertisement